Perangkat dan Dampak Multimedia
Perangkat Multimedia
1. Perangkat lunak / aplikasi
multimedia.
Perangkat lunak ini digunakan
untuk menjalankan fungsi multimedia pada komputer. Contoh perangkat lunak untuk
multimedia : Windows Media Player ( untuk menjalankan CD atau DVD pada komputer
)
2. CD / DVD ROM = Digunakan untuk
memutar berbagai jenis CD, VCD dan DVD.
3. Sound CardSound card (kartu
suara) = Perangkat yang terhubung pada papan induk (motherboard) yang berfungsi
sebagai alat untuk mengolah dan mnegontrol suara, baik suara yang masuk
(merekam) dan suara yang keluar melalu speaker. Hal ini dimungkinkan karena
pada sound card terdapat masukan (Line in, Mic dan MIDI) serta keluaran (line
out/speaker out).
4. Kartu grafis (Graphic Card /
Display Adapter)
Kartu grafis adalah perangkat
yang terhubung langsung di papan induk komputer yang berfungsi untuk mengolah
citra (gambar) agar mempunyai kualitas yang baik. Saat ini kartu grafis yang
sering digunakan adalah kartu grafis yang menggunakan teknologi AGP (Accelerated
Graphics Port).
5. TV Tuner
Ini adalah perangkat yang
memungkinkan komputer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada
layar monitor. TV Tuner biasanya berupa card yang dipasang pada card expansi.
Tapi ada juga TV Tuner External yang dipasang di luar komputer, bahkan bisa
langsung dihubungkan ke monitor.
6. Speaker (pengeras suara)
Ini adalah perangkat output untuk
menghasilkan suara.
DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Siswa / mahasiswa menjadi tidak
mudah bosan dihadapkan hanya pada buku teks.
Suasana pengajaran dan
pembelajaran yang interaktif akan menggalakkan komunikasi berbagai hal ( pelajar-guru, pelajar-pelajar,
pelajar-komputer )
Gabungan berbagai media yang
memanfaatkan sepenuhnya indra penglihatan dan pendengaran mampu menarik minat
belajar.
Perkembangan Teknologi Informasi
(TI) Pada bidang Pendidikan, dampak yang munculialah kegiatan belajar dan
mengajar yang dikenal dengan konsep e-Learning.
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA DALAM BIDANG PENDIDIKAN
Dengan adanya pembelajaran jarak
jauh atau e-Learning selain berbagai dampak positif yang di dapat ada juga
beberapa nilai kurang baik yakni tidak adanya interaksi secara langsung
sehingga pengajar tidak akan lebih intensif memonitori prilaku atau etitude
pelajarnya dan pengurusan sertifikasi hasil belajar di nilai rumit.
Keberadaan guru dan tenaga
pelajar sudah tidak lagi di prioritaskan.
Baru-baru ini banyak oknum-oknum
yang memanfaatkan program sertifikasi yang diadakan oleh lembaga atau instansi
tertentu contoh:sertifikasi dari Microsoft Corporation yang terdapat penjokian
di dalamnya.
DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS
Dengan bekembangan nya multi
media para perbisnis puncenderung mengalami perubahan yang singnifikan.
Sebagai contoh : para perbisnis
kini juga merabah kedunia maya baik itu di jejaring sosial dan website palsu.
Melalui media online pebisnis menawarkan produknya. namun tidak sedikit di sana
terjadi penipuan.
Sejumlah perusahaan memberikan
training pada pegawainya dengan materi training berbasis multimedia dalam
bentuk simulasi.
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA DALAM BIDANG BISNIS
Adanyanpihak-pihak yang melakukan
black market (ilegal) dalam internet.
Hacker melakukan hacking guna
proses transaksi.
Marak nya terjadi penipuan di
perdagangan secara online.
POSITIF PERKEMBANGAN MULTIMEDIA
DALAM BIDANG ENTERTAINMENT
Multimedia membuat edukasi
menjadi lebih menarik = edutainment. Di amerika serikat Media sosial juga bisa
bermanfaat dalam dunia pendidikan. Sebagai conth buka lah link ini
OnlineUniversities.com berikut ini, menyatakan beberapa data mengenai
penggunaan media sosial dalam dunia pendidikan di Amerika Serikat (AS). Beberapa pendidikan tinggi di sana, ternyata
dalam empat tahun terakhir
(2009-2011) sudah cukup aktif dalam memanfaatkan media sosial seperti
blogging, Facebook, Twitter.
Multimedia sebagai pendukung
kegiatan entertainment = animasi dan laser show yang terintegrasi pada konser music.
Video/music Player.
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA DALAM BIDANG ENTERTAINMENT
Multimedia dalam bentuk gambar
atau video banyak gambar atau film yang mengandung pornografi dan kekerasan
yang bisa mengakibatkan dorongan kepada seseorang untuk bertindak kriminal.
Jejaring sosial dapat dengan
mudah mendoktrin pengguna. Sehingga para pengguna cenderung hanya mengikuti
perkembangan zaman melalui jejaring social.
DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA DALAM BIDANG KESEHATAN
Kini telah terdapat alat-alat
medis kedokteran serba canggih untuk megetahui atau mendeteksi keadaan tubuh
dalam manusia. Seperti USG, Rontgen, Tensi darah, alat citiscan, HD, dll.
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA DALAM BIDANG KESEHATAN
Dengan kemajuan multimedia
praktek aborsi ilegal pun dapat dilakukan dengan tool-tool multimedia.
Banyaknya pabrik toko narkoba
menunjukan begitu mudahnya penggunaan multimedia untuk transaksi obat-obatan
terlarang.
DAMPAK POSITIF PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA DALAM BIDANG POLITIK
Dalam melakukan aksi kampanye
pada jaman sebelum multimedia belum terlalu berkembang masih menggunakan lisan
atau tulisan di selembaran atau sticker atau baleho. Kini setelah multimedia
berkembang sangat baik, aksi kampanye telah menyebar ke dunia maya.
DAMPAK NEGATIF PERKEMBANGAN
MULTIMEDIA DALAM BIDANG POLITIK
Para elit politik pada pileg dan
pilpres banyak menggunakan black campaygn (kampanye hitam) melalui internet
beligho,spanduk dsb.
Dengan adanya kemajuan teknologi
multimedia para koruptor dapat leluasa untuk melakukan aksinya, walaupun saat
ini ada teknik penyadapan dari instansi yang berwenang tetapi cara itu belum
sepenuhnya menjerat para koruptor.
Sumber:
http://oricampus.blogspot.com/2012/04/dampak-yang-di-timbulkan-dari.html
http://peralatanmultimediadanfungsinya.blogspot.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar